Inilah Tugas dan Tanggung Jawab Sebagai Administrasi di Sebuah Perusahaan

Mengerti tentang admin dalam sebuah perusahaan, kini infoana bakal membahas lebih tuntas tentang hal tersebut. Administrasi adalah kegiatan yang berhubungan mengenai penyelenggaraan, kebijakan kantor untuk bisa mencapai tujuan yang ditetapkan. Administrasi mempunyai beberapa tanggung jawab, misalnya seperti mencatat, pembukuan, menyurat, mengetik, mengagendakan, maupun tugas yang lainnya.

https://infoana.com/

Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi

Sekian banyaknya tugas dan tanggung jawabnya bagian administrasi harus berada dalam kondisi yang baik. Tidak hanya itu saja seorang administrasi juga diwajibkan mempunyai sifat yang ramah dan bisa berkoordinasi dengan karyawan dibagian yang lainnya.

Kalian juga harus mengerti kerjaan dari admin. Maka infoana memberikan contohnya. Berikut ini ada beberapa tugas dari seorang administrasi pada sebuah perusahaan diantaranya:

  1. Melayani Klien

Melayani klien harus dilakukan dengan baik. Misalnya melalui telepon maupun ketika klien datang ke sebuah perusahaan secara langsung. Pelayanan yang harus diberikan oleh seorang administrasi yaitu harus tanggap dan memahami karakter klien. Sehingga bisa memahami maksud serta tujuan yang diinginkan oleh klien.

Tugas dari administrasi memang diharuskan untuk melayani sekaligus bertemu banyak orang untuk setiap harinya, karena administrasi sangat berpengaruh pada perkembangan perusahaan.

  1. Menerima Telepon

Menerima telepon memang kedengarannya mudah dilakukan. Namun ternyata hal ini tidak bisa dilakukan dengan mudah karena seorang administrasi harus mempunyai sifat yang ramah dan tidak merasa grogi ketika menjawab telepon. Selain itu bahasa yang digunakan juga harus tepat. Ada juga aturan ketika mengangkat telepon.

  1. Membuat Surat

Surat-menyurat pada sebuah perusahaan memang menjadi hal yang biasa dilakukan setiap harinya. Sedangkan surat yang dibuat tentu bukan surat sembarang, akan tetapi adalah surat resmi yang terdapat struktur dan susunan yang harus dipahami. Jenis surat yang digunakan juga tidak hanya satu jenis saja. sehingga Anda harus memahami jenis surat dan strukturnya dengan sebaik mungkin.

  1. Menyusun Agenda

Menyusun agenda juga wajib dilakukan oleh seorang administrasi, karena agenda kantor inilah yang nantinya lebih diperhatikan. Sedangkan penyusunannya juga tidak boleh salah karena jika terjadi kesalahan jadwal maka pimpinan dapat berantakan.

  1. Membuat Data Berkas

Membuat data berkas bertujuan supaya lebih memudahkan ketika dibutuhkan. Misalnya data seputar surat masuk maupun surat keluar pada sebuah perusahaan. Bagian administrasi harus mencatat tanggal pembuatannya yang dilampirkan pada surat. Terutama untuk surat masuk agar lebih mudah dilacak ketika sedang dibutuhkan.

Memang ada banyak sekali tugas dan tanggung jawab dari seorang administrasi. Untuk itu jika Anda tertarik untuk bekerja di sebuah perusahaan di bagian administrasi harus memahami tugas dan tanggung jawab seperti yang ada di atas. Infoana hanya dukung saja semoga jadi admin yang sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *